BEM Se-Kalimantan Barat Ajak Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Lewat Aksi Damai

3 min read

Kalbar.ac.id – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Barat menggelar aksi damai dan deklarasi menerima hasil Pemilu 2024 di bundaran Digulis, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Selatan, Jumat (23/2).

Aksi Damai Mahasiswa itu diinisiasi oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Kalimantan Barat yang terdiri dari BEM SI Kalbar, BEM SEKA wilayah Kalimantan Barat dan Forum Komunikasi BEM Se-Kalbar (FKBK).

Dari pantauan Pontianak Post, aksi damai tersebut diisi dengan deklarasi  menerima hasil Pemilu 2024 dan apresiasi kepada masyarakat serta penyelengara pemilu, baik KPU, Bawaslu serta TNI dan Polri yang berperan dalam menciptakan Pemilu 2024 aman dan damai.

Koordinator Aksi, Silius Rami, mengatakan, ia mengajak semua pihak untuk dapat menahan diri dan tidak memprovokasi maupun terprovokasi terhadap isu-isu yang beredar tentang hasil Pemilu 2024.

Silius menyatakan, atas nama mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang terdiri dari BEM SI Kalbar, BEM SEKA wilayah Kalimantan Barat dan Forum Komunikasi BEM Se-Kalbar (FKBK), mengapresiasi seluruh masyarakat dan semua elemen penyelenggara Pemilu serta aparat TNI Polri yang telah melaksanakan pemilu dengan aman dan damai.

Untuk itu, lanjut Silius, mari tunggu hasil pemilu ini sampai adanya keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

“Saya menghimbau dan mengajak semua pihak untuk mematuhi dan mentaati segala bentuk  ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu yang mungkin saja terjadi pada tahun 2024 ini sesuai dengan koridor hukum yang berlaku serta jalur yang telah disediakan,” kata Silius, yang menjabat sebagai Koordinator wilayah (Korwil) BEM SEKA wilayah Kalimantan Barat.

Silius menyatakan, atas nama Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kalimantan Barat pihaknya mengucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat maupun pihak-pihak yang telah menjalankan tugasnya dengan integritas dan dedikasi yang tinggi sehingga Pemilihan Umum di Kalimantan Barat dapat berjalan aman, damai dan sejuk sampai saat ini.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI)  Kalimantan Barat, Rizal, mengatakan sebagai mahasiswa dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita yang masih diragukan kebenaranya yang banyak beredar terkait dengan Pemilu.

Rizal mengajak masyarakat agar menyikapi informasi dengan cerdas dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak jelas serta diragukan kebenaranya alias hoak.

“Jika ada pelanggaran pemilu maka hal itu dapat dilaporkan ke Bawaslu,” kata Rijal.

Sementara itu Koordinator Forum Komunikasi BEM Se-Kalbar (FKBK), Raihan berharap melalui aksi damai dan deklarasi mendukung hasil Pemilu 2024 pemerintahan bisa berjalan sebagaimana mestinya serta semua pihak bias legowo menerima hasil pemilu.

“Pesta demokrasi telah usai, mari kita serahkan hasilnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai selesaikan dengan mekanisme yang sudah disediakan,” ucap Raihan.

Raihan pun berharap masyarakat  tidak terpengaruh dengan informasi-informasi tidak benar yang marak beredar di media sosial.

Aksi damai dan deklarasi menerima hasil Pemilu 2024 tersebut diakhiri dengan pembagian pamflet ajakan semua pihak untuk mematuhi dan mentaati segala bentuk ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu 2024 yang mungkin saja terjadi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours