[HOAKS] Video Xi Jinping Minta Jokowi Serahkan Tanah di Kalimantan sebagai Jaminan

2 min read

[HOAKS] Video Xi Jinping Memohon Jokowi Serahkan Tanah di Kalimantan selaku Jaminan kalbar. ac. id- Beredar video diiringi narasi kalau Presiden Cina Xi Jinping memohon Presiden Joko Widodo menyerahkan tanah di Kalimantan selaku jaminan utang. Tetapi, bersumber pada penelusuran Regu Cek Kenyataan kalbar. ac. id, narasi tersebut hoaks. Video pidato Xi Jinping disebarkan dengan konteks yang galat.

Narasi yang tersebar Narasi soal Xi Jinping memohon Jokowi menyerahkan tanah di Kalimantan selaku jaminan utang dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, serta ini. Akun tersebut memberikan video Xi Jinping berpidato dalam bahasa Mandarin.

Dalam video ada takarir demikian: DALAM KUNJUNGAN INI Aku Mau Memohon PRESIDEN JOKO WIDODO MENGEMBALIKAN UTANG NEGARANYA KEPADA Cina. DALAM WAKTU YANG Telah DISEPAKATI DALAM NOTA Konvensi YANG Telah KITA BUAT BERSAMA DALAM PERJANJIAN INVESTASI Cina KEPADA INDONESIA. DALAM PEMENANGAN JOKOWI DODO PADA PEMILU KEMARIN Dan MODAL PEMBANGUNAN INFRASTRUTUR.

Vidoe tersebut diberikan penjelasan demikian: PRESIDEN Cina Memohon MEPADA BPK JOKOWI MENYERAHKAN TANAH KALIMANTAN Selaku JAMINAN ASTAGFIRULLAH!!

Haus Kekuasaan…

Kalimantan Di Gadaikan..!!

Para Penyembah Jokowi..!!

Para Pemuja 02..!!

Silahkan Ikuti Baik baik..!!

Penelusuran Seputar kalimantan

Bersumber pada penelusuran Regu Cek Kenyataan kalbar. ac. id, video pidato Xi Jinping identik dengan video di kanal YouTube Kabar Satu ini. Dalam video tersebut, Xi Jinping berpidato di depan anggota Dewan Perwakilan Rakyat( DPR) RI pada 2013, kala Indonesia dipandu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono( SBY). Dikala berpidato, Xi Jinping mempromosikan ikatan bilateral dan konsep pembangunan Cina yang damai.

Bersumber pada takarir pada konten video itu, Xi Jinping berkata demikian: Sepanjang kunjungan ini aku dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan mengangkut ikatan bilateral ke kemitraan strategis yang komprehensif dalam upaya melanjutkan pengembangan ikatan mendalam. Warga Indonesia berkata, merupakan gampang buat membuat duit, namun susah memperoleh sahabat.

Ikatan kami meyakinkan itu. Sehabis tsunami, Pemerintah Cina mengaktifkan sistem paham darurat serta lekas mengumumkan buat membagikan dorongan kepada negara- negara yang terserang tsunami tercantum Indonesia. Itu merupakan dorongan luar negara terbanyak semenjak berdirinya Republik Rakyat Cina.

Kesimpulan

Narasi kalau Xi Jinping memohon Jokowi menyerahkan tanah di Kalimantan selaku jaminan utang ialah hoaks. Video pidato Xi Jinping di depan anggota DPR RI pada 2013 disebarkan dengan konteks yang galat. Dalam pidatonya, Xi Jinping mengantarkan soal kemitraan strategis Indonesia serta Cina yang komprehensif dalam upaya melanjutkan pengembangan ikatan bilateral.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours