Inflasi Pontianak Tertinggi, Walikota Mempersiapkan Langkah Strategis

1 min read

kalbar.ac.id — Seluruh kota di wilayah Pulau Kalimantan mengalami inflasi pada Desember 2023.

Pontianak menjadi kota dengan inflasi tertinggi sebesar 0,66 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 116,61. Sementara itu, Banjarmasin menjadi kota dengan inflasi terendah sebesar 0,12 persen dengan IHK 119,72.

Ani Sofian, Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, menargetkan untuk menurunkan angka inflasi di kota tersebut dengan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat.

“Kita akan memetakan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi inflasi ini sehingga bisa terkendali,” ujarnya yang dikutip, Selasa (2/1/2024).

Menurut Ani, salah satu faktor yang berpengaruh terhadap inflasi adalah ketersediaan bahan pangan.

Ani juga tidak melupakan masalah stunting yang menjadi fokus untuk ditangani Pemkot Pontianak. Meski dirinya belum mengantongi data rincinya, tetapi dia berharap angka stunting di Kota Pontianak berada di bawah rata-rata nasional.

“Oleh karenanya harus ada kolaborasi semua unsur untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan terbebas dari stunting,” tegasnya.

Sementara itu, menjelang perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024, Ani juga berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Kota Pontianak selama proses Pemilu berlangsung.

Selain mewujudkan Pemilu yang aman dan lancar, partisipasi politik masyarakat juga harus tinggi dengan menggunakan hak suaranya.

“Saya tegaskan seluruh aparatur sipil negara (ASN) harus netral. Jika ditemukan maka akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours