Senin, April 15 2024

Investasi sektor parekraf di IKN capai Rp5,3 triliun

2 min read

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, investasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai Rp5,3 triliun.

“Ada komitmen investasi parekraf di IKN yang telah hadir, yang kita jaring melalui International Tourism Investment Forum (ITF) 2023 dan untuk IKN sendiri ada Rp5,3 triliun,” ujar Sandiaga dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis.

ia merinci, investasi tersebut dikucurkan oleh PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) sebesar Rp5 triliun, disusul investasi Jambuluwuk Hotels and Resorts sebesar Rp300 miliar yang diproyeksikan bakal menyelesaikan pembangunan hotel di kawasan IKN sebelum Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.
“Kita harapkan komitmen juga bahwa sebelum Agustus 2024 perayaan dari dari hari kemerdekaan kita, maka kita telah memiliki hotel bintang lima di IKN,” ujarnya.
Ia juga menuturkan, total PDB di Kalimantan Timur tahun 2023 mencapai Rp524 triliun, dari capaian itu pariwisata telah berkontribusi sebesar Rp9,14 triliun disusul ekraf sebesar Rp29,43 triliun.
Untuk menjaring investasi tambahan sektor parekraf di IKN, Kemenparekraf bakal menawarkan proyek dengan konsep pariwisata berkelanjutan dan berkualitas dalam gelaran ITF 2024 pada Juni.
Kemenparekraf  juga bakal menggandeng pemengaruh asal Denmark untuk membantu mempromosikan wisata dalam negeri.
Kemenparekraf juga sedang  menyiapkan paket desa wisata dengan konsep terhubung dengan Bali, serta wisata bahari dengan destinasi wisata seperti Danau Kakaban, Pulau Derawan, dan titik lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Polisi amankan 49 remaja di Banjarmasin hendak tawuran dengan batu

Pulau Gelam

Jurnalis dan NGO Kalbar ungkap kejahatan pemanfaatan Pulau Gelam