Jadwal Buka Puasa Dan Adzan Maghrib Hari Ini Pontianak

2 min read

Jadwal Buka Puasa Dan Adzan Maghrib Hari Ini Pontianak

Kalbar.ac.id – Jadwal Buka Puasa Dan Adzan Maghrib Hari Ini Pontianak. Yang Jadwal buka puasa perlu di ketahui agar umat muslim bisa segera berbuka puasa ketika masuk waktunya. Berikut ini informasi waktu buka puasa dan adzan Maghrib untuk wilayah Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dan sekitarnya.

Puasa merupakan salah satu satu amalan wajib di bulan Ramadan. Seluruh umat Muslim yang sudah baligh, mampu, sehat dan bukan dalam dalam keadaan bepergian jauh (jarak 82 km), wajib untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh.

Dilansir dari laman NU Online, kewajiban berpuasa di bulan Ramadan ini dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 183 yaitu:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183)

Jam Buka Puasa Hari Ini di Pontianak dan Sekitarnya

Berikut ini jadwal buka puasa dan azan Maghrib, 1 Ramadan 1445 H (12 Maret 2024) untuk wilayah Pontianak dan sekitarnya serta jadwal sholat 5 waktu sebagaimana disusun oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI.

  • Imsak: 04.25 WIB
  • Subuh: 04.35 WIB
  • Dhuha: 06.13 WIB
  • Dzuhur: 11.56 WIB
  • Asar: 15.01 WIB
  • Magrib: 17.59 WIB
  • Isya: 19.07 WIB

Dengan demikian jam berbuka puasa untuk wilayah Pontianak dan Sekitarnya hari ini Selasa, 12 Maret 2024 jatuh pada pukul 17.59 WIB.

Doa Buka Puasa Ramadan

Ketika hendak berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Adapun lafal doa berbuka puasa, yaitu:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Arab Latin: Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta’âlâ

Artinya: “Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Waktu Membaca Doa Buka Puasa

Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha dalam Hasyiyah I’anatut-thalibin juz 2 halaman 279 menjelaskan bahwa waktu membaca doa buka puasa adalah setelah berbuka, bukan dibaca sebelum dan bukan pula saat berbuka. Penempatan waktu membaca doa berbuka puasa dilakukan setelah selesai berbuka puasa adalah dengan merujuk makna yang terkandung dalam doa tersebut.

Syekh Said bin Muhammad Ba’ali dalam Kitab Busyra al-Karim halaman 598 menjelaskan, disunnahkan (membaca doa buka puasa) ketika hendak berbuka tetapi (waktu) yang lebih utama adalah setelah berbuka dengan membaca doa: ‘Allahumma laka shumtu wa ala rizqika afthartu’.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours