Kabupaten Kapuas Hulu kembali diguncang gempa kedalaman 10 kilometer

2 min read

kalbar.ac.id – Kabupaten Kapuas Hulu kembali diguncang gempa kedalaman 10 kilometer. Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat kembali diguncang gempa yang terjadi pada Senin, sekitar pukul 18.54 WIB dimana guncangan tersebut dirasakan warga yang bermukim di beberapa kecamatan daerah tersebut.

Berdasarkan informasi gempa di akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Informasi gempa bermagnitudo 4,3 pada 25 Maret 2024, terjadi pukul 18.54 WIB dengan lokasi 1,14 LU,113,00 BT (34 km di barat laut Kapuas Hulu) dengan kedalaman 10 kilometer.

“Kami masih lakukan koordinasi,” kata Kepala UPT BMKG Pangsuma Kapuas Hulu Ridwan Nugraha, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin malam.

Dari pantauan di lapangan guncangan gempa tersebut bertepatan dengan berkumandangnya azan Isya, di Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan.

Guncangan gempa dirasakan oleh warga di beberapa kecamatan. Kondisi itu juga menyebar di media sosial, dengan sejumlah video yang menggambarkan warga berlarian keluar rumah.

Beberapa warga merasakan guncangan terjadi berkisar 5-10 detik, dan membuat warga panik.

Dari informasi yang diterima, guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Putussibau Selatan, Mentebah, Putussibau Utara, Bika dan beberapa kecamatan lainnya.

Untuk diketahui, guncangan gempa pernah terjadi pada Selasa (19/3) di Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday Kecamatan Bika.

Saat itu, guncangan terjadi kurang lebih tiga kali. Dimana guncangan pertama sekitar pukul 02.00 WIB, guncangan kedua sekitar pukul 20.00 WIB dan terjadi guncangan lagi sekitar pukul 21.00 WIB.

Atas peristiwa tersebut, BMKG mengimbau warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours