Mahasiswa Bengkayang berikan sosialisasi perguruan tinggi sasar 14 SMA

2 min read

Mahasiswa Bengkayang berikan sosialisasi perguruan tinggi sasar 14 SMA

kalbar.ac.id – Ikatan Mahasiswa Kabupaten (IMKB) Bengkayang Kalimantan Barat menggelar kegiatan sosialisasi perguruan tinggi yang menyasar pelajar 14 SMA/SMK di daerah setempat agar mereka dibekali informasi untuk kuliah.

“Kegiatan ini sangat penting, terutama bagi siswa kelas tiga yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, karena tahapan tersebut merupakan langkah awal yang krusial dalam perjalanan pencarian identitas dan pengembangan diri,” kata Ketua Umum IMKB, Rodi Albanius, Sabtu.

Dia mengatakan, persiapan yang matang perlu dilakukan sejak dini agar mereka memiliki pemahaman yang cukup tentang pilihan-pilihan karir, minat, dan potensi diri. Sehingga menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya, siswa telah memiliki gambaran yang jelas tentang langkah selanjutnya yang akan diambil.

Terlebih lagi, persiapan yang baik ini akan membantu mereka menghindari kebingungan dan kegalauan yang mungkin muncul saat memilih jalur pendidikan lanjutan.

“Oleh karena itu, peran pendidikan dalam memberikan landasan yang kokoh bagi generasi muda untuk meraih masa depan yang cerah tidak bisa diabaikan,” katanya.

Sosialisasi pentingnya pendidikan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang dan dibuka Kepala Bidang Kurikulum dan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Viktor Terang.

Kabid itu mengatakan, alasan pentingnya pendidikan adalah prospek kerja yang lebih luas, mendapatkan ilmu yang bermanfaat, kuliah membuat kaya akan pengalaman, memiliki banyak relasi, dapat mewujudkan impian, menyiapkan diri di era digital dan era industri, dapat mengubah nasib diri sendiri dan keluarga, dapat menjadi manusia yang bermanfaat serta menjadi pribadi yang mandiri

Dalam kegiatan itu, alumni IMKB Wynda Novasari menyampaikan tips-tips untuk lingkungan perkuliahan yaitu di awal semester memiliki target IPK yang tinggi, sebelum memulai materi kuliah mencari informasi materi kuliah yang akan dipelajari, berkonsultasi dengan dosen dan senior, cari informasi beasiswa dan buat list agenda kegiatan harian.

Ada juga tantangan dalam menyelesaikan kuliah ada fase dimana merasa bosan dan jenuh dan cara mengatasinya adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, minta dukungan orang tua, dan lainnya dan cari suasana belajar yang nyaman seperti di kafe, perpustakaan dan berorganisasi.

Sementara alumni IMKB Joni Iskandar menyampaikan tentang apa itu IMKB bagi peljajar yang masih duduk di bangku sekolah. Bahwa IMKB adalah mahasiswa Bengkayang yang disatukan dengan nama IKATAN MAHASISWA KABUPATEN BENGKAYANG yang ada di Pontianak.

IMKB adalah sebagai salah satu perkumpulan untuk menyatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di Pontianak agar menjadi satu keluarga yang rukun baik dalam lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus, katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours