Pemprov Kalbar Memiliki Ide Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Wisata Kuliner

3 min read

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggencarkan promosi wisata kuliner dari semua kabupaten/kota sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan UMKM.

“Provinsi Kalimantan Barat selain kaya dengan keindahan alam dan budaya, juga kaya dengan kuliner khas, beragam dan memiliki cita rasa tinggi. Kekayaan kuliner tersebut patut untuk terus dipelihara, dilestarikan serta dipromosikan ke tingkat nasional bahkan internasional, salah satunya melalui festival kuliner seperti Kalbar Food Festival ini,” kata Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Harisson di sela menghadiri Kalbar Food Festival di Pontianak, Minggu.

Menurutnya, adanya Festival Kuliner ini diharapkan menjadi wadah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan UMKM yang ada di Kalimantan Barat.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Barat, para pelaku usaha di sektor kuliner dan pelaku industri UMKM Pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meramaikan dan menyukseskan Kalbar Food Festival ini.

“Kami juga berharap bahwa Kalbar Food Festival ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya untuk mempromosikan sekaligus melestarikan kuliner khas Kalimantan Barat,” tuturnya.

Harisson mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak penyelenggara atas dedikasi serta konsistensi dalam mempromosikan kuliner khas Kalbar melalui penyelenggaraan Kalbar Food Festival setiap tahunnya.

Disampaikannya, Penyelenggaraan Kalbar Food Festival Tahun 2024 ini merupakan perhelatan untuk yang ke-5 kalinya. Kalbar Food Festival Tahun 2024 juga masih merupakan rangkaian Peringatan HUT Ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Sebenarnya yang harus kita perhatikan adalah UMKM, jadi UMKM itu di setiap kesempatan kita harus dukung, motivasi bangkitkan supaya UMKM terus bisa tumbuh. Ini yang sebenarnya program dari Pemerintah Pusat maupun program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.

Menurutnya, umumnya, wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat, di samping dia melihat keindahan alam, budaya, tetapi yang paling dicari itu sebenarnya kuliner.

Terkait hal tersebut, Kalimantan Barat ini banyak sekali kuliner yang bisa membanggakan dan bisa dicicip oleh semua orang dengan cita rasanya yang benar-benar dirindukan.

“Jadi kalau sudah sekali dia (wisatawan) mencicipi kuliner kita pasti ingin balik lagi ke Kalbar, untuk itu kita harus dorong terus dan kuliner ini terus kita bangkitkan dan kembangkan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya event ini adalah untuk memperkenalkan 17 sub-sektor ekonomi kreatif di antaranya ada kuliner.

“Kita mau kuliner – kuliner yang ada di Kalimantan Barat dikenal bukan hanya wisatawan yang ada di Kalimantan Barat tetapi juga wisatawan Nusantara bahkan wisatawan mancanegara,” harap Windy.

Kemudian Windy yang juga merupakan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat mengungkapkan dengan diadakan kegiatan itu juga akan membantu pelaku industri pariwisata, industri ekonomi kreatif dan UMKM untuk dapat meningkatkan perekonomian di Kalimantan Barat.

Tak hanya itu dirinya juga menyampaikan bahwa hari puncak Kalbar Food Festival ini digelar pada tanggal 23 Februari 2024.

“Jadi silahkan masyarakat Kalimantan Barat untuk datang ke sini bukan hanya kuliner tetapi subsektor lain juga ada dan tentunya dengan berbagai macam pertunjukan yang disajikan disini. Jadi pada tanggal 23 nanti kita ada hari puncak di SAPRAHAN Khatulistiwa di PCC kemudian sorenya di Kalbar Food Festival,” kata Windy.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours