Tanam Pohon Serentak di IKN Dipimpin Wakil Presiden

2 min read

kalbar.ac.id – Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia pada acara penanaman pohon di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tanggal 20 Desember 2023 lalu agar dilakukan penanaman pohon di sepanjang musim penghujan Tahun 2023/2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan penanaman pohon serempak di seluruh Indonesia.

Di Tahun 2024 ini juga dilaksanakan penanaman pohon di seluruh provinsi se-Indonesia dengan pelaksanaan pertama dipimpin oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Provinsi Banten pada Hari Minggu (14/1) yang diikuti penanaman secara serempak di seluruh 38 provinsi se-Indonesia. Selanjutnya penanaman lainnya telah dijadwalkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Bulan Februari, Maret, dan April Tahun 2024.

Di Kaltim, Wakil Menteri LHK, Alue Dohong didampingi Sekda Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK Rasio Ridho Sani, serta unsur Forkompimda Provinsi Kalimantan Timur, TNI/Polri, UPT KLHK Provinsi Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman, Tokoh Masyarakat, Perusahaan, Sekolah, Pramuka, Green Youth Movement, dan kelompok Masyarakat lainnya bersama-sama melakukan penanaman pohon di Kawasan Ibu Kota Negara, Sepaku,Penajam Paser Utara, Minggu (14/1).

tanam pohon IKN

 

“Hari ini kita melakukan penanaman di lokasi IKN, ini bagian dari upaya kita secara perlahan-lahan mentransformasi wilayah IKN”, ujar Wamen LHK Alue Dohong. “Jadi hari ini kita menanam 5 hektar melibatkan kurang lebih 200 peserta, tapi blok ini ada sekitar 500 hektar jadi kedepan akan terus kita tanam sampai 500 hektar ini kita tanam semua. Pelan-pelan kita lakukan”, ungkapnya.

Pada kegiatan penanaman di IKN ini, bibit yang ditanam berjumlah 224 batang dengan jenis antara lain Balangeran, Meranti, Kapur, Gaharu, Tengkawang, Ulin, Sukun dan lain-lain. Bibit yang ditanam berasal dari Pusat Persemaian Mentawir BPDAS Mahakam Berau.

“ Saya kira yang hadir disini memiliki komitmen semua. Bagaimana menciptakan IKN yang hijau yang mencirikan hutan tropis asli Kalimantan sehingga kita memiliki ibukota yang sangat kita banggakan dan berbeda dari ibukota-ibukota negara lain.” tambahnya. Setelah penanaman pohon, Wamen LHK Alue Dohong melakukan video conference dengan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours