Viral Seorang Pria di Kubu Raya Jadi Kurir Sabu Diamankan, Ada 500 Gram Sabu Disita

2 min read

Viral Seorang Pria di Kubu Raya Jadi Kurir Sabu Diamankan, Ada 500 Gram Sabu Disita

Kubu Raya – Kalbar.ac.id – Pria berinisial SJ (26) di Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) ditangkap polisi gegara menjadi kurir narkoba lintas provinsi. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti 500 gram sabu yang akan dibawa ke Kalimantan Tengah (Kalteng).
“Betul, pelaku merupakan kurir sabu asal Kalteng yang hendak membawa sabu seberat setengah kilogram tersebut ke Kalteng,” ujar Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo kepada Kalbar.ac.id, Rabu (10/1/2024).

Pelaku ditangkap di terminal bus Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Jalan Mayor Alianyang, Kecamatan Sungai Ambawang pada Minggu (7/1) sekitar pukul 06.30 WIB. Polisi awalnya mencurigai tas ransel yang dibawa pelaku.

“SJ membawa tas ransel yang sudah dimodifikasi, saat dibuka ditemukanlah sabu seberat 500 gram tersebut,” terangnya.

Wahyu menyebut SJ merupakan anggota sindikat dalam peredaran sabu-sabu di Kalteng. Sebab pergerakannya selama di Kalbar mendapat arahan langsung dari pemilik sabu berinisial SI.

“Jadi dia ini sindikat, semua diatur rapi oleh SI pemilik sabu, mulai dari penginapan, pengambilan sabu di Pontianak Timur, hingga kepulangan dia ke Kalteng lagi dan terhubung melalui aplikasi WhatsApp,” beber Wahyu.

Wahyu menambahkan SJ menjadi kurir sabu dengan bayaran Rp 10 juta. SJ telah menerima bayaran awal senilai Rp 4 juta.

“Dijanjikan Rp 10 juta, sisanya akan diterima setelah barang sampai,” ungkapnya.

Pelaku mengaku baru pertama kali menjadi kurir narkoba lantaran terdesak untuk membayar utang dan biaya menikah. Meski demikian, aparat kepolisian masih akan mendalami pengakuan korban.

“Tetapi kami tidak bisa percaya begitu saja karena pengiriman yang dilakukan pelaku dengan BB cukup besar dan antar provinsi. Jadi ini masih kami dalami lagi,” jelasnya.

Atas perbuatannya, SJ kini mendekam di Mapolres Kubu Raya. SJ dijerat dengan Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours